4 Tips Berbuka Puasa yang Sehat Bagi Lambung


jilbab - Berbuka puasa adalah waktu yang ditungu-tunggu kita yang sedang menjalankan puasa apa lagi acara bukber bersama teman dengan menu hidangan yang lengkap.  Tetapi tunggu dulu.. jika kita asal makan makanan saat berbuka akan bisa membahayakan lambung kita. Ok bidadari cantik langsung saja berikut adalah tips berbuka yang sehat bagi lambung kita :

1. Berbukalah dengan yang Manis
Gula, atau makanan/minuman yang mengandung gula bisa memberi asupan energi dengan cepat, sehingga tubuh pun cepat kembali segar. Namun perlu diperhatikan jangan mengkonsumsinya berlebihan dan pilihlah gula yang alami, dianjurkan makan tiga butir kurma dan air putih, atau satu cangkir teh manis. Selain itu juga bisa berbuka dengan buah-buahan seperti melon dan semangka.


2. Hindari Minuman Terlalu Dingin
Efek buruk yang ditimbulkan dari minuman dingin ini bisa membuat perut cepat kenyang, sehingga kita kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, yang tidak didapatkan tubuh selama berpuasa. Akibatnya, tubuh akan cepat lemas saat berpuasa esok harinya.



3. Beri Jeda Waktu untuk Makan Berat
Perlu kita ketahui bahwa lambung kita perlu beradaptasi dengan makanan setelah lebih dari 12 jam kosong. Jika kita langsung mengisi lambung kita dengan makanan berat, hal ini akan membuat perut 'kaget' dan bisa menimbulkan perut kembung hingga sembelit. Minimal waktu tenggangnya adalah 10-15 menit untuk mulai makan makanan berat, misalnya nasi beserta lauk dan sayur.


4. Makan Perlahan
Makan cepat dapat membuat Anda mengonsumsi makanan berlebihan dan memakan kalori lebih banyak. Tentunya Anda tidak mau, setelah 1 bulan berpuasa, tubuh justru akan jadi lebih gemuk.

0 Response to "4 Tips Berbuka Puasa yang Sehat Bagi Lambung"

Post a Comment